Category

Tips Mudah Dapatkan Arsitek Idaman

Mencari arsitek untuk kebutuhan membangun atau merenovasi rumah tentu bukan pekerjaan sederhana. Agar proses mencarian kian mudah, sebaiknya anda ikuti tips berikut ini.

  • Koneksi

Mencari arsitek bisa melalui koneksi atau jaringan pertemanan yang luas yang kita miliki. Ingat, jaringan perkawanan juga sebaiknya jangan ditinggalkan begitu saja. Karena dari sanalah kita bisa mengetahui dan mengenal banyak hal.

Membangun rumah bagi sebagian orang adalah hal yang sakral, karena rumah adalah pusat kegiatan yang membesarkan keluarga, mengurus anak-amak, dan tempat rehat dari segala aktivitas. Karena itu, mencari arsitek dari koneksi kita penting, orang yang kita kenal lebih tepat memahami diri kita juga secara lebih cepat. Keuntungan lainnya adalah kita bisa menego harga dengan cukup leluasa.

  • Referensi

Cara paling umum adalah dengan bertanya soal referrensi ke kawan atau keluarga yang lain. Apakah ada kawan arsitek yang bisa dinego dengan murah atau arsitek by desain yang ‘ago’nya sesuai bajet? Biasanya pertanyaan tersebut muncul ketika mencari referensi arsitek idaman.

Keuntungannya, kita bisa mendapatkan info yang cukup banyak mengenai arsitek tersebut dari teman / saudara kita, terlebih yang pernah menggunakan jasanya. Kita dapat menyambangi rumah / kantor / restoran milik teman kita yang didesain oleh arsitek tersebut untuk melihat langsung bagaimana hasil karyanya. Kita dapat juga mendengar langsung dari teman kita mengenai karakternya, apakah arsitek tersebut enak diajak bicara, bagaimana etos kerjanya, apa saja keahliannya, sampai berapa besar fee desainnya. Kelemahannya, setiap orang pasti punya selera berbeda, dan belum tentu sama dengan selera kita.

  • Majalah Desain

Bisa mencari inspirasi desain rumah dari majalah desain. Nah, biasanya para arsitek juga selalu berpromosi atau menngulas tren desain di majalah tersebut. Mereka selalu memberikan kontak untuk informasi lebih lanjut.

Biasanya, ada rincian data proyek yang memuat nama arsitek, desainer interior, dan juga kontraktornya. Bahkan ada artikel yang secara khusus membahas mengenai pribadi seorang arsitek / desainer interior kenamaan (starchitect) atau yang sedang naik daun (rising star).

Kita bisa browsing di internet terkait nama, karya dan website mereka. Kebanyakan arsitek mempunyai website atau akun Facebook untuk menampilkan portofolio karya mereka dan e-mail atau nomor telepon untuk dihubungi.

  • Website Directory Arsitek

Saat ini, banyak directory atau website khusus yang mengulas soal desain, baik exterior atau pun interior. Seperti kastuari.id misalnya. Di website ini, kita akan dapat melihat berbagai macam karya arsitek dari seluruh Indonesia dan juga luar negeri. Dengan begitu, kita disajikan berbagai macam pilihan arsitek dengan ciri khas karyanya masing-masing.