Category

Tips Mudah Anda Keluar dari Masalah Saat Bangun Rumah

Membangun rumah bagi sebagian orang adalah hal penting danbutuh banyak energy, terutama bajet atau anggaran. Tak hanya itu, butuh juga waktu dan tenaga untuk mengawasi pekerjaan pembangunan yang btuh waktu lama dan harus berganti-ganti tukang jika tukang yang ada tidak selalu sesuai dengan yang anda inginkan.

Nah, agar keinginan membangun rumah terwujud, maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, berikut adalah tips untuk agar anda tidak terjebak oleh masalah teknis ketika membangun rumah.

  • Tentukan Bajet Anda

Menentukan bajet pembangunan rumah sangat penting. Namun, jangan lupa ada biaya lain atau tambahan yang membuat semua proses bisa mulus terjadi. Dana yang cukup bukan saja dapat mempercepat proses, namun membiasakan kita merencanakan bajetnya sebelum semuanya membengkak dan besar. Tambahkan 10% atau 15% dana tambahan dari bajet yang sudah disediakan.

  • Gunakan Jasa Arsitek

Jangan hanya terpaku dengan gambar dan inspirasi desain dari internet. Gunakan jasa arsitek untuk merancang desain yang sesuai dengan kondisi riil lingkungan kita dengan menyesuaikan kondisi lahan yang ada.

Penggunaan jasa arsitek juga mempermudah pengerjaan pembangunan rumah agar cepat selesai dan sesuai yang dibayangkan.

  • Pilih Mandor dan Tukang Terpercaya

Ini penting diperhatikan meskipun terlihat sepele. Sebab jika tidak bisa dipercaya, maka proses pembangunan bisa terhenti karena indisipliner atau hal lainnya yang berpotensi merusak perencanaan. Untuk mencari tukang terpercaya, biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi atau referensi dari kawan atau teman.

  • Pastikan Spesifikasi Pemilihan Materia Sesuai Bajet

Nah, agar bajet tak bengkak, sebelumnya pelaksanaan pembangunan, sebaiknya anda sudah berkomunikasi dengan tukang atau mandor yang akan mengerjakan pembangunan rumah tersebut.

Pastikan keinginan anda sesuai dengan bajet yang tersedia agar proses pembangunan tidak terganggu.

  • Carilah Pemasok Bahan Bangunan dengan kualifikasi terbaik

Carilah pemasok bahan bangunan yang bertanggung jawab, tepat waktu dalamĀ  pengiriman, dan memberikan diskon. Serta tak pelit dalam berbagi pengetahuan tentang kualitas dan harga terbaik dari material bangunan.

  • Tentukan Time Line Pembangunan

Dengan menentukan waktu pengerjaan pembangunan rumah, dan berdisiplin dalam mengerjakan dan menjalanannya, maka akan bertambah baiklah sebuah proses pembangunan bisa dijalankan. Kuncinya hanya ada pada konsistensi dan ketepatan waktu.

  • Urus IMB

Pastikan mengurus IMB atau Izin Mendirikan Bangunan dengan baik, benar dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Manfaat IMB antara lain sebagai dasar legal formal pendirian rumah yang dilindungi oleh Negara. Dengan adanya IMB, berarti rumah yang kita bangunan tidak mengganggu tetangga kiri dan kanan dan dilindungi Pemerintah, serta berdiri di zona pemukiman. Selain itu, dengan adanya IMB nilai bangunan anda bisa dihargai lebih mahal. Dan, biasnaya bagi yang ingin sewa atau konrak rumah, keberadaan IMB sangat dibutuhkan dan jadi syarat keamanan bagi penyewa rumah, jika ingin disewakan.