Categories: Artikel

5 Tips Desain Interior Rumah Agar Terlihat Luas

Keterbatasan bidang tanah di perkotaan mengakibatkan sebagian orang harus membangun rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Ukuran rumah yang tidak luas memang cenderung terkesan sumpek. Akan tetapi, jangan salah, kecermatan dalam mendesain akan membuat rumah ukuran kecil bisa terasa lebih lapang. Berikut dijabarkan lima tips desain interior rumah agar terlihat luas.

Desain Interior Rumah dengan Meminimalisir Penggunaan Sekat
Sekat-sekat yang membagi ruang menjadi beberapa bagian justru membuat ruangan terlihat lebih sempit. Meminimalkan penggunaan sekat memberikan efek interior rumah terlihat lebih luas. Gunakanlah konsep open plan atau ruang tanpa sekat untuk beberapa ruang yang memungkinkan digabung menjadi satu.

Desaign Interior Rumah dengan Pemilihan Warna yang Tepat
Pemilihan warna yang tepat dapat menampilkan desain interior rumah terlihat lebih luas. Aplikasikan warna-warna cerah seperti putih, merah muda, krem, biru muda, atau abu-abu terang. Warna-warna tersebut dapat menghadirkan kesan lapang.

Usahakan juga memilih tirai dengan warna yang sama dengan warna dinding. Hindari desain tirai yang rumit karena menimbulkan kesan penuh. Demikian juga dengan pemilihan karpet. Pilihlah karpet yang tidak memiliki banyak motif dan warna.

Desain Interior Rumah dengan Penggunaan Furnitur Multifungsi
Furnitur multifungsi merupakan furnitur yang memiliki beberapa fungsi sekaligus dalam setiap unitnya. Untuk menghadirkan efek interior rumah yang terlihat luas, penggunaan furnitur multifungsi perlu dijadikan pilihan. Pilihlah lemari yang juga berfungsi menjadi meja misalnya ataupun tempat tidur yang bisa dilipat ke dinding.

Desain Interior Rumah dengan Pemanfaatan Ruang Pojokan
Ruang pojokan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang tertentu, misalnya menempatkan buku-buku atau barang-barang lain. Bagian pojokan ini bisa dibuat rak dinding yang dimanfaatkan hingga titik tertinggi. Dengan demikian rak di pojokan ini dapat mengatasi kesumpekkan karena adanya barang-barang tertentu yang memang berharga dan perlu disimpan.

Desaign Interior Rumah dengan Pemanfaatan Ruang Vertikal Sebagai Storage
Adanya lemari-lemari penyimpanan di rumah akan membuat ruangan semakin sempit. Oleh karena itu, minimalkan penggunaan lemari penyimpanan. Gunakanlah area vertikal sebagai storage atau penyimpanan. Pilihlah model rak dinding atau ambalan ketimbang menggunakan kabinet tertutup. Jika diterapkan, dipastikan interior rumah akan terlihat lebih luas.

Itulah beberapa tips desain interior rumah untuk menghasilkan efek lapang pada hunian berukuran kecil. Aplikasikanlah untuk membuktikannya. Selamat mencoba.

Share
Admin Kastuari

Recent Posts

Perhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Memilih Jasa Interior Rumah

Dalam memilih jasa interior rumah, tentu membutuhkan pertimbangan kriteria yang matang. Asal memilih jasa interior,…

2 hari ago

Memilih Bahan Bangunan Yang Bagus Untuk Membangun Rumah Impian

Memiliki rumah sendiri adalah impian yang dimiliki oleh semua orang. Bahkan, saat ini banyak mereka…

1 minggu ago

Tips Renovasi Rumah Minim Budget

Melambungnya harga bahan bangunan membuat orang berpikir berkali-kali untuk renovasi. Mahalnya pembiayaan untuk hal tersebut…

1 minggu ago

Inilah 4 Manfaat Bangun Rumah Borongan Tanpa Ribet

Membangun rumah ada yang menggunakan cara mandiri dan ada pula yang memanfaatkan jasa bangun rumah…

1 minggu ago

Inilah 4 Manfaat Bangun Rumah Borongan Tanpa Ribet

Membangun rumah ada yang menggunakan cara mandiri dan ada pula yang memanfaatkan jasa bangun rumah…

2 minggu ago

4 Tips Memilih Jasa Kontraktor Rumah yang Terpercaya

Memiliki hunian yang nyaman adalah harapan setiap pasangan. Untuk mewujudkan harapan tersebut dapat memilih cara…

2 minggu ago