Categories: Artikel

Memilih Bahan Bangunan Yang Bagus Untuk Membangun Rumah Impian


Memiliki rumah sendiri adalah impian yang dimiliki oleh semua orang. Bahkan, saat ini banyak mereka yang berjiwa mudah sudah menginventasikan hartanya dalam bentuk properti rumah. Namun, untuk membangun sebuah rumah diperlukan ketelitian dalam memilih bahan bangunan. Karena jika tidak jeli, bisa berdampak fatal.

Pastikan semuanya berkualitas, agar rumah menjadi hunian yang aman dan kuat hingga bertahan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga, dalam membangun sebuah rumah, ada beberapa bahan material yang harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Misalnya adalah sebagai berikut.

1. Material Batu Bata

Material bangunan ini sangat diperlukan, yaitu batu bata merah. Karena dengan menggunakan batu bata merah, bangungan menjadi lebih kokoh. Walau sebagian sudah banyak yang beralih ke batako yang harganya lebih ekonomis daripada batu bata merah. Tetap saja, batu bata merah memiliki alasan kuat untuk dipilih karena kualitasnya.

2. Pasir

Dalam sebuah bangun, tidak terlepas dari adanya pasir. Karena pasir merupakan salah satu material bahan bangunan pokok untuk membuat tembok, partisi atau lainnya. Namun, untuk mendapatkan bahan bangunan yang kokoh, gunakanlah pasir yang bergerigil atau berbentuk butiran. Karena akan memperkuat rekatan pada batu bata. Jadi, tidak disarankan untuk memilih pasir yang lembut atau berlumpur karena kurang bagus untuk pondasi.

3. Semen

Semen adalah bahan penting lainnya dalam pembangunan. Karena tugasnya adalah sebagai perekat bahan satu dengan yang lainnya. Sudah banyak berbagai merk semen tersedia. Namun, pilihlah prosentase pencampuran semen yang baik. Jangan terlalu banyak pasir dan kapur, karena ini membuat tembok mudah keropos.

4. Kayu

Material bangunan kayu masih populer hingga saat ini meski sudah ada baja ringan. Bahkan, banyak diantaranya rumah-rumah mewah yang memilih dinding dan lantainya memakai kayu. Ada banyak jenis kayu untuk membangun rumah. Namun, kayu yang baik adalah kayu yang sudah tidak mengandung banyak air. Kayu yang memiliki kadar air kurang dari 20% adalah kayu terbaik untuk bahan bangunan, karena tidak akan mudah lapuk.

5. Cat

Saat ini sudah banyak berbagai jenis cat. Namun, yang perlu diperhatikan dalam pembangunan adalah pemilihan cat yang tidak menyengat aromanya, memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak mudah pudar dan tentu saja harus ramah lingkungan.

6. Keramik

Keramik merupakan salah satu bahan bangunan finishing. Pemilihan keramik yang bagus adalahjenis keramik yang memiliki kekuatan baik, ukuran presisi, dan motif yang cantik untuk diapikasikan sebagai pelapis lantai atau tembok.

Itulah beberapa material bahan bangunan yang harus diperhatikan saat membangun sebuah hunian. Bagaimana, sudah terbayang bagaimana cara memilih bahan bangunan agar menjadi hunian impian?

Share
Admin Kastuari

Recent Posts

Perhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Memilih Jasa Interior Rumah

Dalam memilih jasa interior rumah, tentu membutuhkan pertimbangan kriteria yang matang. Asal memilih jasa interior,…

2 hari ago

5 Tips Desain Interior Rumah Agar Terlihat Luas

Keterbatasan bidang tanah di perkotaan mengakibatkan sebagian orang harus membangun rumah dengan ukuran yang tidak…

6 hari ago

Tips Renovasi Rumah Minim Budget

Melambungnya harga bahan bangunan membuat orang berpikir berkali-kali untuk renovasi. Mahalnya pembiayaan untuk hal tersebut…

1 minggu ago

Inilah 4 Manfaat Bangun Rumah Borongan Tanpa Ribet

Membangun rumah ada yang menggunakan cara mandiri dan ada pula yang memanfaatkan jasa bangun rumah…

1 minggu ago

Inilah 4 Manfaat Bangun Rumah Borongan Tanpa Ribet

Membangun rumah ada yang menggunakan cara mandiri dan ada pula yang memanfaatkan jasa bangun rumah…

2 minggu ago

4 Tips Memilih Jasa Kontraktor Rumah yang Terpercaya

Memiliki hunian yang nyaman adalah harapan setiap pasangan. Untuk mewujudkan harapan tersebut dapat memilih cara…

2 minggu ago