Categories: Artikel

Tips Renovasi Rumah Minim Budget

Melambungnya harga bahan bangunan membuat orang berpikir berkali-kali untuk renovasi. Mahalnya pembiayaan untuk hal tersebut banyak orang menundanya, meski rumah tersebut sudah reot, bahkan nyaris ambruk.

Lalu bagaimana cara agar seseorang dapat melakukan perbaikan dengan mudah dan murah? Adakah tips-tipsnya merenovasi rumah dengan biaya yang minim? Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam merenovasi rumah yang minim budget, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memangkas Biaya untuk Finishing
Ini memang sulit untuk dilakukan, tapi inilah sektor yang banyak membutuhkan biaya. Belum lagi penggunaan material, yang mungkin bisa menelan budget yang bikin jebol kantong.

Solusi untuk sektor finishing ini, sebaiknya jika pada awal renovasi rumah akan mengunakan batu alam atau keramik pada dinding, bisa diganti dengan pemasangan batu bata yang rapi, sehingga dapat menekan biaya yang dibutuhkan untuk finishing.

2. Komponen Lama jangan Dibongkar atau Diganti
Saat orang memutuskan untuk merenovasi rumahnya, harus dipastikan, bahwa hal itu memang benar-benar diperlukan.Misalnya ruang atau bagian bangunan masih bisa dipakai kembali, lebih baik dimodifikasi saja, sebab jika dibongkar, maka akan memakan biaya 3x lipat, bahkan lebih. Begitu pun dalam penggunaan furniture, lebih baik di daur ulang saja atau diperbaiki pada furniture yang rusak.

3. Menentukan Rencana dan Persiapannya
Dengan menentukan perencanaan dan persiapan yang matang, akan mampu menghemat budget untuk renovasi. Misalnya memakai konsultan perencana (arsitek dan interior designer), sehingga konsultan perencana tersebut bisa memandu dan mengarahkan dalam menentukan mana yang harus dibongkar dan mana yang hanya butuh dimodifikasi.

4. Menentukan Skala Prioritas
Skala prioritas dibutuhkan agar ketika orang memutuskan untuk merenovasi rumahnya, bisa menentukan mana yang lebih penting didahulukan dan paling dibutuhkan. Misalnya saat rumah bocor, prioritaskan pada masalah kebocoran. Kalau sudah beres dan sudah berfungsi sebagaimana mestinya, barulah memikirkan yang lainnya.

5. Mengerjakan secara Bertahap
Pada dasarnya ketika seseorang memutuskan untuk merenovasi rumahnya, maka saat itu juga ingin semuanya rapi sesuai keinginan. Tanpa memikirkan perencanaan yang matang, sehingga budgetnya pun akan membengkak.
Lain halnya ketika seseorang ingin merenovasi rumahnya, dari rumah lantai satu menjadi lantai dua, hendaknya tentukan dulu tahapan pekerjaannya. Misalnya mengerjakan strukturnya terlebih dahulu, lalu melakukan pengecoran pelat lantai dan sebagainya.

Demikian sedikit ulasan tentang cara untuk renovasi rumah minim budget, semoga artikel ini bermanfaaf.

Share
Admin Kastuari

Recent Posts

Perhatikan 3 Hal Penting Ini Sebelum Memilih Jasa Interior Rumah

Dalam memilih jasa interior rumah, tentu membutuhkan pertimbangan kriteria yang matang. Asal memilih jasa interior,…

2 hari ago

5 Tips Desain Interior Rumah Agar Terlihat Luas

Keterbatasan bidang tanah di perkotaan mengakibatkan sebagian orang harus membangun rumah dengan ukuran yang tidak…

6 hari ago

Memilih Bahan Bangunan Yang Bagus Untuk Membangun Rumah Impian

Memiliki rumah sendiri adalah impian yang dimiliki oleh semua orang. Bahkan, saat ini banyak mereka…

1 minggu ago

Inilah 4 Manfaat Bangun Rumah Borongan Tanpa Ribet

Membangun rumah ada yang menggunakan cara mandiri dan ada pula yang memanfaatkan jasa bangun rumah…

1 minggu ago

Inilah 4 Manfaat Bangun Rumah Borongan Tanpa Ribet

Membangun rumah ada yang menggunakan cara mandiri dan ada pula yang memanfaatkan jasa bangun rumah…

2 minggu ago

4 Tips Memilih Jasa Kontraktor Rumah yang Terpercaya

Memiliki hunian yang nyaman adalah harapan setiap pasangan. Untuk mewujudkan harapan tersebut dapat memilih cara…

2 minggu ago