Category

5 Desain Cantik Kolam Ikan di Rumah

Bagi sebagian orang, memelihara ikan di rumah adalah hobi. Namun dilihat dari sisi positifnya, memelihara ikan di rumah menjadi hiburan tersendiri. Selain indah, nyaman dan sejuk, memelihara ikan di kolam kecil di rumah juga dapat membawa suasana menjadi lebih cozy dan daya tarik bagi penghuni atau pun tamu.

Nah, sebelum membuat kolam ikan, agar perencanaan kian matang dan saat eksekusi jadi mudah, ada baiknya Anda memikirkan dan merancang desain kolam sesuai dengan konsep rumah Anda.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, seperti menentukan tema dan desain dari kolam ikan yang nantinya dibuat, berapa luasan area kolam ikan, material apa yang digunakan untuk pembuatan kolam, bagaimana cara merawatnya, sampai jenis ikan apa saja yang akan dipelihara nantinya.

Berikut adalah inpirasi desain untuk kolam ikan minimalis :

  • Kolam Ikan menyatu dengan desain rumah

Kolam yang menyatu dengan desain rumah, baik posisi di belakang atau pun di depan rumah, dapat menambah kesan asri sebuah rumah. Jika menyatu dengan desain rumah, Anda harus menggali lebih dalam lokasi yang akan dibuat kolam.

  • Jembatan Kayu di atas Kolam

Dengan material kayu, jembatan kayu di atas kolam ikan bisa memberikan sensasi menyenangkan bagi penghuni rumah atau para tamu yang datang. Adanya jembatan ini, membantu untuk menghubungkan rumah dengan taman belakang atau halaman dengan gaya yang lebih estetik.

  • Kolam Bertingkat

Menghadirkan suasana air terjun dalam rumah? Mengapa tidak, karena dengan adanya kolam bertingkat menjadikan rumah anda terasa memiliki desain yang unik dan alami.

  • Kolam di Foyer

Foyer sebagai tempat pemisah antara teras dan ruang tamu bisa diganti dengan adanya tambahan kolam ikan. Kolam ikan yang terletak di area ini juga bisa menambah kesegaran tersendiri untuk rumah Anda.

  • Kolam di Bagian Samping Rumah

Kolam berbentuk persegi panjang di bagian samping rumah juga bisa menciptakan nuansa segar. Ditambah dengan suara dari gemericik air di ujung kolam yang membuat kolam terasa lebih segar. Tentunya Anda yang memiliki kolam ini musti menyesuaikan ikan jenis apa yang bisa diletakkan disini agar ikan tidak terasa sesak karena penuh.

  • Kolam Ikan Penghubung Rumah

Sesuai dengan desain rumah, maka kolam ikan bisa diletakkan dan dibangun dimana saja. Bisa belakang, tengah, luar, bahkan samping kiri kanan atau sebagai penghubung dari satu rumah ke rumah yang lainnya. Tentu konsep kolam seperti ini bisa memaksimalkan luas kolam yang Anda miliki.